Narasi Histori Kota Surabaya

Jeannet Blog – Histori Kota Surabaya – Narasi Histori Kota Surabaya kental dengan nilai kepahlawanan. Mulai sejak awal berdirinya, kota ini mempunyai histori panjang yang berkaitan dengan nilai-nilai heroisme. Arti Surabaya terbagi dalam kata sura (berani) serta baya (bahaya), yang lalu dengan harfiah disimpulkan jadi berani hadapi bahaya yang datang. Nilai kepahlawanan itu satu diantaranya mewujud dalam momen pertempuran pada Raden Wijaya serta Pasukan Mongol pimpinan Kubilai Khan di th. 1293. Demikian bersejarahnya pertempuran itu sampai tanggalnya diabadikan jadi tanggal berdirinya Kota Surabaya sampai sekarang ini, yakni 31 Mei.

Heroisme orang-orang Surabaya paling tergambar dalam pertempuran 10 Nopember 1945. Arek-arek Suroboyo, sebutan untuk orang Surabaya, dengan bekal bambu runcing berani melawan pasukan sekutu yang mempunyai persenjataan mutakhir. Beberapa puluh ribu warga wafat membela tanah air. Momen heroik ini lalu diabadikan jadi peringatan Hari Pahlawan. Hingga buat Surabaya dilabeli jadi Kota Pahlawan.

Baca :

Sewa Mobil Surabaya

Rental Mobil Surabaya

Jasa Seo Murah Indonesia

Histori Surabaya juga terkait dengan kesibukan perdagangan. Dengan geografis Surabaya memanglah di ciptakan jadi kota dagang serta pelabuhan. Surabaya adalah pelabuhan gerbang paling utama Kerajaan Majapahit. Letaknya yang dipesisir utara Pulau Jawa membuatnya berkembang jadi satu pelabuhan perlu di jaman Majapahit pada era ke – 14.

Berlanjut pada saat kolonial, letak geografisnya yang begitu strategis buat pemerintah Kolonial Belanda pada era ke – 19, memposisikannya jadi pelabuhan paling utama yang bertindak jadi collecting centers dari rangkaian paling akhir aktivitas pengumpulan hasil produksi perkebunan di ujung Timur Pulau Jawa, yang berada di daerah pedalaman untuk di-export ke Eropa.

Updated: January 3, 2018 — 9:50 pm
Jeannet Blog © 2018 Frontier Theme